LATEST POST

latest

Pemkab Minut Rayakan HKN Ke-57, Bupati JG : Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku

Sabtu, 13 November 2021

/ by Nesta81


EXPRESSINDONEWS.COM,Minahasautara - Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) merayakan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke- 57 bersamaan dengan pembukaan rangkaian kegiatan memperingati HUT Minut ke 18 Tahun, Di Pendopo Pemkab Minut, Jumat (12/11/2021).


Di HUT HKN ke 57 Tahun, Bupati Minut Joune J E Ganda, SE membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

"Dalam perjalanan kita menuju indonesia sehat, Hari ini kita berada di sebuah persimpangan, Pandemi Covid telah menguncang sistem kesehatan Global, kendaraan kita menuju negara yang aman dan sehat harus berhadapan dengan Pandemi. Namun meski demikian pilihan hari ini akan menentukan nasib kita. Selama hampir dua tahun pandemi covid19 telah menguji status quo sistem kesehatan kita. Masih segar dalam ingatan rumah sakit yang penuh dengan pasien dan suara sirene ambulance yang seakan tak henti membawa pasien yang terpapar Covid19. Bahkan banyak masyarakat dan tenaga kesehatan yang gugur akibat hantaman pandemi covid19. Di hari Kesehatan Nasional ini memiliki makna dan semangat kerjasama, kolaborasi dan gotong royong elemen kesehatan dan masyarakat dalam melawan pandemi Covid-19.

"Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-57 Tahun, Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku," Ucap Bupati Joune Ganda.

Sementara itu Kepala dinas Kesehatan Minahasa Utara dr. Stella Safitri M.Kes mengatakan di Hari Kesehatan Nasional ini upaya keras dilakukan pihaknya ditopang pemerintah kabupaten dan juga kolaborasi serta kampanye dari tiap Kecamatan, TNI Polri dan Puskesmas dalam penanggulangan dan pencegahan Penyebaran Covid19 lewat Capaian Vaksinasi.

"Capaian Vaksinasi untuk data terakhir (11/11) ada di level 48,42 Persen, mudah mudahan hari ini (12/11) ada di level 49 persen dan besok bisa lebih dari 50 persen yang otomatis menjadi dasar kita bisa ada di Level 2 PPKM dan ini menjadi target kami dalam waktu dekat ini. Kita juga berharap di Natal nanti kita bisa beribadah di Gereja dengan capaian Vaksinasi di 70 persen. Beberapa pekan ini tiap hari memang naik satu persen dengan capaian Vaksin rata rata di atas dua ribu Vaksin dan jika kita pertahankan seperti itu kita bisa capai target sebelum tanggal 25 Desember bisa di Level 70 persen," ujar Safitri.

Target Vaksinasi ini menurut dr. Stella memang butuh kerja keras, semua pihak wajib mensukseskan hal ini, termasuk masyarakat yang masih ragu atau takut untuk di Vaksin.

" Sebenarnya data di Profinsi kalau secara KTP kita sudah lama berada di sekitar 60 persen lebih, cuma dipakai data PCare atau ada warga minut yang vaksin di manado dan terdata di manado makanya kita kerja keras dari kepala Puskes, polsek dan camat untuk door to door atau kerumah warga mencari warga yang belum pernah di Vaksin. Puji Tuhan hari ini Minut tidak ada kasus Covid dan ada di Zona Hijau semua kecamatan. jadi secara Zona kita sudah bagus karena di Hijau tapi untuk turun Level II PPKM diukur dari Capaian Vaksinasi. Dan di HKN ke 57 ini ditengah tengah keterbatasan karena pandemi, meski dirayakan dengan sederhana namun maknanya tetap terasa karena memberikan semangat kepada kami Tenaga kesehatan juga kepala kepala puskesmas dan ini dibuktikan dengan penghargaan yang boleh di capai lewat capaian Vaksinasi di tiap UPTD dan juga Puskesmas terbaik dalam pengelolaan Administrasi dan kebersihan untuk memotivasi mereka juga dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," Pungkas Safitri.


Perayaan HKN ke- 57 Tahun tingkat Kabupaten Minut tersebut, juga di warnai dengan penyerahan penghargaan program percepatan Vaksinasi dan lomba administasi serta kebersihan kepada sejumlah UPTD Puskesmas dan penghargaan bagi Tiap Kecamatan.

Sementara, yang masuk 3 besar dalam Capaian Vaksinasi di raih oleh Puskesmas Airmadidi, Kauditan dan Likupang serta Juara lomba administrasi dan kebersihan diraih Puskesmas Mumbune, Wori dan Kolongan. Sementara Puskesmas kauditan mendapat juara dalam indeks Keluarga Sehat Tingkat Profinsi Sulut.

(Wulan)
Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com