LATEST POST

latest

Irjen Pol (Purn) Ronny Sompie Imbau Pengendara yang Lewat di Jalan SBY Untuk Hati-Hati

Selasa, 29 Agustus 2023

/ by Nanang

 



EXPRESSINDONEWS-- Maraknya pelemparan kendaraan dengan menggunakan batu oleh sejumlah oknum yang tidak diketahui di jalan SBY, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) kian merasahkan warga. Pasalnya, aksi tersebut berimbat pada hancurnya kendaraan yang melintas di jalur tersebut dan mengakibatkan korban jiwa.

Terhadap permasalaha ini, mantan Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol. (Purn) Dr. Ronny Franky Sompie meminta warga yang melakukan perjalanan malam hari dan dini hari di jalur jalan SBY untuk berhati-hati.

"Dibutuhkan kontribusi dari masyarakat untuk membantu pengamanan desanya, juga membiasakan kembali istilah Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling). Kalau Siskamling di setiap desa dikelola warga dengan baik, maka keamanaan di setiap desa dan kelurahan di Minahasa Utara akan terjaga," ungkap Ronny Sompie pada media, Senin (28/08/2023).

Lebih lanjut, Ronny Sompie yang diketahui sebagai Calon Anggota DPR RI dari Golkar Dapil Sulawesi Utara mengaku sebagai mantan anggota Polri, dirinya mengajak dan mengimbau pengamanan di setiap desa dibangun secara bottom up dari masyarakat di masing-masing desa.

"Torang paham kalau Humum Tua di setiap Desa memiliki kepala jaga polisi. Kalau dulu kita inga struktur jabatan dibawah Hukum Tua yang mengelola keamanan di setiap Desa. Kalau masih ada jabatan kepala jaga polisi tersebut, maka harus peran itu perlu diperkuat," jelasnya.

Menurutnya, kerjasama lintas sektoral bisa dilakukan dengan Bintara Pembina Desa dari Koramil yang bertugas di Desa. Demikian juga Bhayangkara Pembinan Kamtibmas.

"Kalau sinergi dan resonasi kinerja dalam menjaga keamanan ini diperkuat bersama secara mapalus, saya kita hal ini akan menjadi sebuah kekuatan bersama di setiap desa," tandasnya. (***) 






Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com