LATEST POST

latest

Ronny Sompie Minta Daerah Lain Jadikan Teladan Wali Kota Solo Dalam Pengelolaan Sampah

Selasa, 31 Oktober 2023

/ by Nanang

 



EXPRESSINDONEWS-- Irjen Pol (Purn) Ronny Sompie SH MH dengan tegas menyebutkan daerah lain untuk dapat menjadikan teladan kota Solo di bawah kepemimpinan Wali kota Gibran Rakabuming Raka. 

Pasalnya, Ronny Sompie menyebutkan, jadikan teladan karena cara Wali Kota Solo dalam pengelolaan sampah. 

"Saya melihat bahwa Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang telah meresmikan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di kawasan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Putri Cempo yang diberi nama PLTSa Surakarta, Senin, 30 Oktober 2023, telah menjadi teladan dan dapat memberikan sebuah peluang bagi daerah lainnya, agar bisa mengelola sampah sebagai energi utk pembangkit tenaga listrik,"kata Sompie. 


Acara peresmian itu turut dihadiri perwakilan enam bupati di wilayah Solo Raya, yakni Karanganyar, Sukoharjo, Sragen, Boyolali, Klaten, dan Wonogiri. Saya kira, cara seperti ini bisa ditiru oleh Pemerintah Daerah di Sulut baik Kota Manado, Minut dan Minahasa yg berdekatan secara geografis untuk mengelola sampah yg bisa menghasilkan tenaga listrik seperti yg baru saja diresmikan di Solo baru-baru ini. 


Dengan demikian, upaya untuk mengelola sampah menjadi energi pembangkit tenaga listrik akan memberikan kontribusi nyata dalam perbaikan mindset masyarakat tentang pengelolaan sampah sejak dari rumah, kantor, pasar, mall, dan lokasi publik lainnya semakin baik dan kebersihan semakin terpelihara dengan baik melalui cara berpikir yg sistemik dalam pengelolaan sampah. (***) 

Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com