LATEST POST

latest

Miris, Eks Napi Korupsi di Tetapkan Calon Kumtua Warukapas, Panitia Pilhut Desa Lempar Bola

Kamis, 08 September 2022

/ by Chandra


 Expressindonews. Minut - Akhirnya, Panitia Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) Desa Warukapas, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minut mengumumkan 3 bakal calon Kumtua, Rabu (7/9/2022). 


Walaupun di saat akan melakukan pengumuman bakal calon, masih juga diwarnai dengan sejumlah protes dan permintaan dari kedua calon. 


Lebih Menarik, dugaan maladministrasi yang dilakukan, kembali berkumandang saat pelaksanaan pengumuman ketiga calon tersebut di Balai Desa Warukapas. 


Sebab, Panitia Pilhut Desa Warukapas membacakan cek list berkas calon, masih mencantumkan berkas 'Tidak pernah melakukan tindak pidana narkotika dan psikotropika, tidak pidana Korupsi dan terorisme'. Lebih parah lagi, ada berkas calon yang tidak diverifikasi panitia Pilhut Desa. 


Sementara, Dofie Mangowal selaku Ketua Panitia Pilhut Desa Warukapas pada saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya menetapkan bakal calon berdasarkan Perbup dan surat jawaban Panitia Pilhut Kabupaten. 


"Panitia hanya berdasarkan surat dari Panitia Kabupaten. Karena di desa kami, ada salah satu calon yang bertentangan dengan huruf g Perbup Nomor 18 Tahun 2022 jadi kami menyurat ke kecamatan dan kabupaten. Nah dari panitia kabupaten memberikan surat jawaban untuk mengesampingkan huruf g tersebut terkait mantan Terpidana Korupsi," ujar Mangowal. 


Dan terkait verifikasi berkas calon yang tidak diverifikasi, Ketua Panitia Pilhut Desa Warukapas tidak membantah kelalaian tersebut tetapi lempar bola ke Panitia Pilhut kecamatan dan kabupaten.


"Itu kami sudah serahkan ke kecamatan dan kabupaten," ucap Mangowal.


(Wulan)**

Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com