LATEST POST

latest

Pertama di Sulut, Pasar Tematik Kini Hadir Percantik kota Manado

Sabtu, 25 Februari 2023

/ by Nanang

 




 EXPRESSINDONEWS-- Pemerintah kota Manado kembali menambah ikon untuk mempercantik kota. Yah buktinya pasar tematik yang berada di Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken. Diketahui sebelumnya, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo telah meresmikan Dermaga Taman Nasional Bunaken (TNB) diikuti dengan Malalayang Beach Walk (MBW). 


Pembangunan pasar tematik tersebut tak lepas dari kerja keras pemerintah kota Manado yang saat ini dipimpin oleh Wali kota Andrei Angouw dan wakil Wali kota Richard Sualang yang bersinergi langsung dengan pemerintah Provinsi melalui Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandou. 




Diketahui, kehadiran pasar tematik yang saat ini ada menambah lengkap jalur wisata di pesisir wilayah utara, mulai dari Bunaken menuju wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang kabupaten Minahasa Utara. 


Pemandangan pasar tersebut sangat indah bila di malam hari, begitu pun dipagi hari melihat sisi rumah adat Minahasa. 


Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) kota Manado Hendrik Warokka mengatakan telah memikirkan secara matang untuk siapa saja yang bisa menempati lokasi dengan anggaran 71.107.000.000.


Menurutnya, pengarajin dan pembuat produk lokal untuk dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan akan diprioritaskan. 

"Dari 100 persen, mereka mendapat 25 persen. Mereka mendapat manfaat langsung dari pasar petualangan tersebut," Kata Warokka. 


Dirinya menambahkan, ada sekitar 198 tempat untuk disediakan bagi para tenant yang tentunya akan menjual produk terbaik yang menjadi harapan pemerintah. 


Albert salah satu warga yang ada di wilayah Kecamatan Bunaken Darat sangat mengapresiasi kinerja dari Pemerintah AARS. 


"Ini akan berdampak untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat yang ada, dan kehadiran pasar ini membawa suasana baru, apalagi ini menjadi yang pertama di Provinsi Sulut," Katanya. 


Dirinya menambahkan, pasar tematik akan menjadi kebanggaan untuk masyarakat kota Manado di pemerintahan yang sekarang. 


"Pemimpin Sulut dan kota Manado mampu menjalin sinergitas, sehingga itu membuat pemerintah pusat menggelontarkan anggaran untuk pembangunan pasar, yang secara teknis dipercayakan kepada Disperindag kota Manado," Tambahnya. (***) 





Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com