LATEST POST

latest

Kunker DPRD Boltim ke DPRD Manado 'Tidak Jelas', Buang-Buang Duit Rakyat

Rabu, 07 Juni 2023

/ by Nanang

 


Kunker DPRD Boltim Habis Foto-foto langsung Pergi


EXPRESSINDONEWS-- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) hari ini mendatangi kantor DPRD kota dalam agenda kunjungan Kerja. 


Adapun dalam surat kunjungan kerja DPRD Boltim ke DPRD Manado yakni terkait sherring mengenai Rancangan Peraturan Daerah tentang pedoman pemberian nama fasilitas umum dan panorama bangunan gedung serta program Kerja Komisi III dalam triwulan 3 tahun 2023.


Namun faktanya, isi surat kunjungan kerja tersebut hanya formalitas semata, terlihat, para wakil rakyat yang hadir hanya melakukan foto bersama kemudian langsung meninggalkan gedung DPRD Manado. 



Pengamat Politik Ferry Daud Liando (ist) 


Menganggapi hal tersebut, pengamat politik Ferry Daud Liando mengatakan, Anggaran harusnya diperuntukkan untuk pelayanan Publik. 


"Anggaran daerah harusnya jangan jadi bancakan para elit. Anggaran pusat yang ditransfer ke daerah harusnya diperuntukan untuk pelayanan publik seperti bantuan sosial ke masyarakat atau penyediaan infrastruktur," Tutur Liando kepada media ini. 



"Kegiatan-kegiatan  dprd yang tidak berkaitan dengan publik namun menggunakan SPPD harusnya tidak boleh terjadi. Jangan memanfatkan SPPD untuk urusan pribadi atau kepentingan lain. Setiap anggaran daerah harus berbasis kinerja "Money follow function". Media dan LSM harus kristis mengawal dana-dana publik," Tambahnya. 


Menurutnya, moment ini adalah kesempatan bagi incumbent untuk mengumpulkan biaya pemenangan dari SPPD. 


"Apalagi tidak lama lagi akan ada pemilu maka kesempatan bagi incumbent untuk mengumpul biaya-biaya pemenangan. Jadi APBD itu harus memberikan dampak pada kesejahteraan publik bukan kesejahteraan elit," Imbuhnya lagi. 


Dirinyapun menegaskan, pihak inspektorat dan BPK bisa turun tangan.


"Pihak inspektorat atau BPK harus turun tangan terkait dugaan penyalahgunaan SPPD itu. Jika kegiatan oknum DPRD menggunakan SPPD namun kegiatan itu tidak memberi manfaat kepada publik maka ini bagian dari penyalaggunaan jabatan sehingga perlu penertiban," Tutupnya. 


Sementara itu, salah satu pemerhati Terry Umboh mengatakan, para wakil rakyat kebanyakan menyusun anggaran untuk berangkat. 


"Soitu dorang kalau susun anggaran for kegiatan dewan paling banyak pasiar dengandalih kunker," Tegasnya. 



Berikut Nama-nama Anggota DPRD Boltim yang tertulispun yakni :

Wilker Rareho (Anggota DPRD) 

Alamri Mantiala (Anggota DPRD) 

Samsudin Dama (Anggota DPRD) 

Kevin Sumendap (Anggota DPRD) 

Antonius Muata (Anggota DPRD) 

Soenardi Soemanta (Anggota DPRD) 

Edsyuko Tendean (Anggota DPRD) 

Cerry Komaling (Anggota DPRD) 


(Laks) 



Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com