LATEST POST

latest

Ronny Sompie Beri Apresiasi Brigjen Pol Dr Rinny Wowor : Generasi Muda Akan Terus Mengharumkan Nama Sulut

Senin, 03 Juli 2023

/ by Nanang

 


Foto : Brigjen Pol Rinny Wowor bersama Kombes Pol  Wingter Fauji Kura (ist) 

EXPRESSINDONEWS-- Kepedulian Putra asli Asal Sulut Irjen Pol (Purn) Dr Ronny Sompie SH MH kepada perkembangan dunia pendidikan di Provinsi Sulawesi Utara sangat terlihat jelas. 


Mantan Kapolda Bali ini sangat mengapresiasi para generasi baru yang terus bermunculan di bidangnya masing-masing dengan mengharumkan nama Sulawesi Utara dengan segala prestasi. 


Salah satunya apresiasi yang diberikan kepada Dr. Rinny Wowor saat ini berpangkat sebagai sebagai seorang Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi. 


Bagaimana tidak, wanita tangguh berdarah Minahasa ini telah menjadi Jenderal Polisi ketiga asal Sulut yang berjenis kelamin perempuan. 


Diketahui Brigjen Pol. Dr. Hj. Rinny Shirley Theresia Wowor, S.Psi., M.Psi adalah lulusan Seba Polwan yang bertugas di Badan Intelijen Negara (BIN) sejak tahun 2019 dan kini menjadi perwira tinggi di Baintelkam BIN. 


Wow, keren kan? Itulah kata yang akan terucap saat mengetahui bahwa Jenderal ini asal Sulut. 


Kenaikan pangkat orang ketiga polisi wanita asal Sulawesi Utara yang menyandang pangkat Jenderal setelah sebelumnya dipegang Jeane Mandagi dan kemudian Evie Suoth ini dilakukan melalui upacara penganugerahan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Pratama kepada 22 Pati Polri yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.


Irjen. Pol. (Purn.) Dr. Ronny Sompie, SH. MH., pun memberi apresiasi atas prestasi Dr. Rinny Wowor. 


“Ia adalah sosok Polwan yang memiliki kemauan kuat untuk melakukan kinerja terbaik termasuk meraih prestasi di atas rata-rata Polwan se angkatannya,” tutur Ronny Sompie.


Ia menambahkan bahwa hanya Polwan yang memiliki karakter dan semangat untuk maju seperti ini yang bisa meraih posisi puncak mereka dalam karir di Kepolisian yang didominasi oleh Polisi laki-laki.


“Jumlah Polwan memang tidak sebanyak jumlah Polisi Pria. Dari jumlah yang terbilang sedikit tadi, hanya beberapa Polwan saja mempunyai kemampuan menaiki posisi puncak karir mereka dimana memang tidak bisa disejajarkan dengan Polisi Pria yang bisa ditempatkan dimana saja,” cetus Ronny Sompie yang akan maju di DPR RI Dapil Sulut 2024 ini.


Oleh karena itu kata dia, kita orang Minahasa beruntung memiliki keterikatan dari nama marga atau fam Rinny Wowor yang orangtuanya berasal dari tanah Minahasa. 


"Namun yang sangat jelas, kita mendapatkan sebuah pelajaran sangat berharga, bahwa Wanita Minahasa bisa bersaing juga untuk menduduki posisi puncak dalam karir di Kepolisian,” puji Sompie.


Mantan dirjen imigrasi ini mengajak agar para pembaca menjadikan pelajaran berharga ini untuk memacu semangat para generasi muda wanita di Sulut untuk meneladani dan mengikuti semangat juang yang telah dicontohkan oleh Rinny Wowor sampai meraih posisi jabatan dengan pangkat Brigadir Jenderal Polisi saat ini.


Semangat tersebut tidak hanya di bidang pekerjaan Polisi saja, karena masih banyak bidang pekerjaan lainnya yang keterwakilan wanita sangat terbuka


“Sebut saja di bidang UMKM, banyak peluang bagi keterwakilan gender wanita asal Sulut bisa bersaing dan berhasil disebabkan keuletan wanita Sulut dibandingkan para Pria Sulut misalnya,” kata mantan Kapolda Bali ini.


Sompie mempertanyakan mengapa yang berjualan di pasar di Sulut kebanyakan didominasi oleh sosok wanita misalnya? 


“Ya, itulah hebatnya wanita Sulut yang sangat dikenal dalam hal daya juangnya tidak mengenal batas area dan bidang pekerjaan,” Ia mengapresiasi.


“Demikian juga, bidang pekerjaan guru guru di Sekolah SD, SMP, SMA dan SMK. Coba kita bandingkan jumlah guru pria dengan guru wanita,” Sompie menambahkan.


“Pertanyaan yang bisa kita ajukan adalah untuk menjadi guru dan pedagang dalam UMKM apakah hanya boleh didominasi oleh wanita atau juga boleh digeluti oleh pria ?”, tanya Ronny Sompie. 


“Lalu kemana pria-pria yang telah menjadi guru dan UMKM?”, tutup Ketua Dewan Pembina DPP Kerukunan Keluarga Kawanua ini. (***) 

Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com