LATEST POST

latest

Irjen Pol (Purn) Ronny Sompie Apresiasi Kelompok Musik Kolintang Mayor 9 di Indonesia's Got Talent

Rabu, 23 Agustus 2023

/ by Nanang

 


EXPRESSINDONEWS-- Performa spektakuler Kelompok Musik Kolintang Mayor 9 asal Sulawesi Utara di ajang pencarian bakat Indonesia’s Got Talent menuai banyak pujian.

Bagaimana tidak, Kelompok Musik tradisional yang digawangi 9 anak muda Sulut ini mampu menyihir setiap pasang mata tak terkecuali para juri bahkan berhasil keluar sebagai juara 3.

Banyak pihak menilai kesuksesan Major 9 berhasil mengharumkan nama Sulut sekaligus membawa alat musik tradisional daerah menduni.

“Apa yg telah ditampilkan oleh Major 9 dengan memainkan musik Kolintang dalam ajang Indonesia’s Got Talent 2023, memberikan kontribusi sangat besar bagi upaya Pemerintah Indonesia untuk menjadikan musik Kolintang Warisan Budaya Tak Benda milik Indonesia asal Sulawesi Utara di UNESCO,” tutur mantan Kapolda Bali yang juga putra Kawanua asal Tonsea, Irjen Pol (Purn) Drm Ronny Franky Sompie SH MH, Senin (21/08/2023).

Ini sekaligus menjadi pembuktian bahwa ternyata musik tradisional Kolintang bisa digunakan untuk mengiringi penyanyi yang menyanyikan lagu bukan hanya lagu daerah semata. Dengan demikian musik kolintang bisa digunakan sebagai musik di gereja, acara budaya, acara pemerintah, acara ulang tahun, acara kedukaan, acara pernikahan dan acara apa saja.

“Oleh karena itu, saya mengajak warga Sulawesi Utara untuk menggunakan musik Kolintang sebagai musik pengiring kegiatan apa saja baik budaya, pendidikan, keagamaan, pesta pernikahan, pesta ulang tahun dan sebagainya,” harap Ronny Sompie.

Menurutnya, penggunaan musik kolintang perlu digelorakan bagi generasi muda sejak masih dalam pendidikan SD, SMP, SMA / SMK sampai perguruan tinggi.

Meski demikian, penggunaan musik kolintang di sekolah-sekolah perlu didukung dengan pengadaan sarana musik kolintang dan pelatihnya.

“Oleh karena itu, perlu direncanakan dalam Program Kerja dan Anggaran Provinsi, Kab dan Kota di wilayah Sulawesi Utara, sehingga melalui APBD di Provinsi, Kabupaten dan Kota disediakan anggaran untuk penguatan penggunaan musik kolintang sebagai Warisan Budaya Tak Benda asal Sulawesi Utara,” pungkas Caleg DPR-RI Partai Golkar Daerah Pemilihan (Dapil) Sulut. (***)







Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com