LATEST POST

latest

Ronny Sompie Ingatkan Warga Sulut Lebih Waspada Soal Pekerja Migran Ilegal

Minggu, 24 September 2023

/ by Nanang

 




EXPRESSINDONEWS-- Irjen Pol (Purn) Ronny Sompie SH MH sampaikan hal penting dalam pekerja migran.  mantan Dirgen Imigrasi KemenKumHam RI ini menyusul kejadian 32 orang diduga calon pekerja migran ilegal yang berhasil diamankan di Bandara Kartajati, Jawa Barat, Minggu (24/09/2023).

Dari informasi awal yang dihimpun, 32 TKW ilegal masing – masing berasal dari Banten, NTB, Jawa Timur, Jawa barat akan diberangkatkan secara ilegal ke Riyadh, Arab Saudi.

Ronny Sompie mengingatkan calon pekerja migran indonesia (CPMI) agar lebih jelih melihat peluang kerja dan jangan cepat tergiur dengan gaji fantastis.

Menurut dia, kewaspadaan menjadi barometer dan pengingat yang sangat kuat bagi CPMI khususnya asal Sulawesi Utara (Sulut)  yang hendakbekerja di luar negeri untuk lebih berhati – hati ketika mendapatkan tawaran menggiurkan.


Ronny Sompie yang belakangan diketahui maju sebagai Bacaleg DPR-RI Partai Gokar Daerah Pemilihan (Dapil) Sulut menjelaskan, PMI harus mengikuti semua mekasnisme sebagaimana yang dianjurkan Kemenaker RI, BP2MI dan Dinas Tenaga Kerja di Provinsi maupun Kabupaten / Kota termasuk bimbingan Camat dan Lurah / kepala desa masing – masing.

“Bahkan ketua lingkungan dan keluarga perlu dilibatkan untuk diskusi. Dalam hal ini melalui jalur legal dengan berkas resmi sehingga tidak masuk PMI ilegal. Ini dimasksudkan agar PMI mendapatkan jaminan hukum maupun hak – hak lainnya selama bekerja di negeri orang oleh Pemerintah Indonesia ” ujar mantan Kapolda Bali, Ronny Sompie, Minggu (24/09/2023).

Untuk itu, Sompie mengatakan, antisipasi dan kewaspadaan harus dimulai dari diri sendiri sebagai CPMI yang akan berangkat ke luar negeri. Kerenanya perlu dipelajari informasi tentang kebenaran negara tujuan termasuk WNI yang ingin ke Dubai harus lebih berhati – hati.

Bukan itu saja, PMI diingatkan agar lebih berhati – hati ketika mendapatkan tawaran kerja di Myanmar. Pasalnya, di negara tersebut tenaga kerja asal indonesia kerap menjadi korban penipuan.

“Myanmar bukan negara tujuan bekerja bagi WNI yang disarankan BP2MI dan Kemenaker RI,” tandasnya.

(***)








Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com