LATEST POST

latest

Ronny Sompie Sebut Budaya Masamper Dongkrak Ekonomi Dari Wisatawan

Jumat, 20 Oktober 2023

/ by Nanang

 



EXPRESSINDONEWS-- Irjen Pol (Purn) Ronny Sompie SH MH sekaligus Calon Legislatif DPR RI Dapil Sulut sebut salah satu budaya Masamper akan mendongkrak ekonomi dari wisatawan yang datang. 

Caleg Partai Golongan Karya ini pada media ini menyebutkan, tarian asal Sangihe ini menjadi daya tarik tersendiri. Dirinya pun meminta warga Sulawesi Utara mencontohi Bali dalam pengelolaan pariwisata. 

Seperti, penyelenggaraan ivent masamper yang dijadikan salah satu agenda kunjungan wisata. 

"Perlu koordinasi antara Dinas Pariwisata Provinsi Sulut dan Dinas Pariwisata Kabupaten Sangihe untuk mengagendakan kunjungan wisata para wisatawan manca negara maupun domestik yang datang ke Sulawesi Utara," Jelas Sompie. 

Eks Kadiv Humas Polri ini menyebutkan dengan sendirinya iven masamper atau kekayaan budaya lainnya akan memberi dampak positif bagi masyarakat. 

"Efek sirkulasi ekonomi bisa juga terjadi, ketika makan dan minum bisa membeli makanan dan minuman yang telah disediakan oleh UMKM disekitar lokasi lomba masamper," Tambahnya. 

Ajang adu kehebatan di atas panggung mempunyai daya tarik tersendiri, bukan hanya peserta namun juga penonton yang hadir dengan membawa keluarga. 

"Ini menjadi kontribusi keramaian di lokasi lomba Masamper," Imbuhnya lagi. 

Perlu diketahui, masamper adalah seni gerak dan lagu dilakukan secara bersama-sama, terlatih serta bernuansa budaya dalam melestarikan penggunaan bahasa daerah dan menjadi sarana hiburan bagi masyarakat. 

"Sebagai contoh, utuk latihan disela-sela kesibukan pekerjaan membutuhkan perhatian dan sikap loyalitas kekeluargaan dalam kebersamaan dari setiap peserta anggota masamper," Tutup Fungsionaris DPP Partai Golkar ini. (***) 




Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com