LATEST POST

latest

Irjen Pol (Purn) Ronny Sompie Turut Prihatin Gempa Melanda Sumedang di Penghujung Tahun 2023

Senin, 01 Januari 2024

/ by Nanang



EXPRESSINDONEWS-- Calon Legislatif (Caleg) Partai Golkar nomor urut 3 Irjen Pol (Purn) Ronny Sompie merasa prihatin dengan musibah gempa yang dialami oleh masyarakat Sumedang di penghujung tahun.

Diketahui, Wilayah Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat diguncang getaran gempa bumi sebanyak 3 kali pada hari terakhir di ujung Tahun 2023, Minggu (31/12/2023).

Menurut akun resmi X BMKG, guncangan gempa bumi di Wilayah Kabupaten Sumedang pertama kali terjadi pada Ahad siang pukul 14:35 WIB dengan kekuatan 4,1 Magnitudo. Pusat gempa berada di 2 km Timur Laut Kabupaten Sumedang (6.84 LS, 107.93 BT) dengan kedalaman 10 kilometer.

Guncangan gempa bumi susulan terjadi pada pukul 15:38 WIB. Kekuatan guncangan gempa bumi berkekuatan Magnitudo 3,4 dengan pusat gempa berada di darat 3 km Timur Laut Kabupaten Sumedang (6.84 LS, 107.94 BT) dan kedalaman 6 km dirasakan (MMI) III Sumedang.

Sedangkan, guncangan gempa bumi ketiga kalinya dengan kekuatan yang lebih besar, yakni 4,8 Magnitudo, terjadi pada pukul 20:34 WIB. Pusat gempa bumi dijelaskan BMKG berada di 2 km Timur Laut Kabupaten Sumedang (6.85 LS, 107.94 BT) dengan kedalaman 5 Km


Sebelumnya, guncangan gempa bumi juga terjadi di sekitar wilayah Kabupaten Pangandaran pada Minggu (31/12/2023) siang. Getaran gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5.0 berada di Garut 90 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran terjadi pukul 11:52 WIB. Berada di kedalaman 10 Km dirasakan (MMI) II-III Garut, II Banjar.

Eks Kapolda Bali ini merasa kaget mendengar kabar Gempa dari teman-teman yang berada di Sumedang.
"Baru dapat kabar dari kawan-kawan saya di Sumedang. Gempa Bumi katanya sangat terasa. Pasien RSUD dievakuasi ke area parkir dan jalan. Dampak terhadap bangunan di Kota Sumedang maksimal retak di beberapa titik di tepian kota dan desa ada bangunan rumah dindingnya rebah,"kata Sompie kepada media ini.

Pensiunan jendral Bintang dua ini pun merasa iba dan berempati kepada saudara-saudara di Sumedang yang mengalami Musibah di penghujung tahun 2023.

"Dikala kita di Sulut merayakan pergantian tahun dengan penuh gegap gempita, sementara itu saudara-saudara kita sedang mengalami musibah gempa bumi," Tambahnya.

"Saya memberikan perhatian terutama berempati, agar saudara kita yang mengalami musibah, bisa mendapatkan bantuan sesuai kebutuhan mereka saat ini," Tutup eks Kadiv Humas Polri ini. (***)


Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com