LATEST POST

latest

Wujudkan Seni Bermusik dan Bernyanyi Warisan Pendahulu Nusa Utara, Pemerintah AA-RS Gelar Lomba Masamper

Rabu, 30 November 2022

/ by Nanang

 


EXPRESSINDONEWS- Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dibawah Pemerintahan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang (AA-RS) siap menggelar Lomba Masamper.


Hal ini turut diamini oleh Ketua Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe Sitaro Talaud (IKISST) Drs. Pontowuisang Kakauhe yang juga selaku pejabat eselon II Pemkot Manado saat dihubungi oleh awak media. Rabu (30/11/2022) 


Menurutnya, Pemerintahan AA-RS sangat memberikan 

makna bahwa kehidupan berkesenian tak dibatasi oleh ruang dan waktu. 


Gemah lantunan suara orang-orang kepulauan selama dua hari terakhir ini, dari tanggal 30/11 - 1/12 kini terdengar diseluruh penjuruh tanah air pada sebentar sore nanti pukul 18.00 Wita di Taman Kesatuan Bangsa (TKB)," tutur Ketua IKISST Kota Manado Pontowuisang Kakauhe.


"Artinya Pemerintahan AA-RS pada Budaya masamper, menandai eksistensi kehidupan masyarakat suku Sangihe yang berdiam dan menetap di 504 lingkungan yang ada di Kota Manado.


Bahwa sudah semenjak dahulu masyarakat suku Sangihe sangat dekat dengan kehidupan bermusik dan bernyanyi," 

ucap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado ini. 


Lebih lanjut Pontowuisang menjelaskan, Kesenian Masamper merupakan grup seni bernyanyi yang memadukan dua unsur utama, yaitu Vokal dan sentuhan gerak seirama,

menyanyi dan kadang-kadang disertai dengan gerak tari dari si pembawa lagu dalam tradisi Masamper, tidaklah sekadar menyanyi bersama. 


"Pengaturan tempat duduk dalam tradisi Masamper selalu membentuk bulatan. Bagian tengah lokasi masamper dibiarkan kosong, menjadi tempat bagi mereka yang mendapat giliran memimpin lagu," jelas Pontowuisang yang juga selaku Sekum IPSI Sulut. 


Untuk itu saya mewakili Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang, dalam Lomba Masamper sebentar sore hingga malam nanti di Pusat Pasar 45 TKB Manado


"Kiranya menjadi sebuah ruang ingatan, bahwa pendahulu-pendahulu orang Nusa Utara telah mewariskan maha karya seni untuk memperkenalkan eksistensi suku bangsanya melalui ruang kesenian yang nampaknya perlu keseriusan untuk melestarikannya," ungkap Pontowuisang Kakauhe. 


Diketahui Manado Christmas Choir dan Masamper Competition dilaksanakan di Taman Kesatuan Bangsa (TKB) mulai dari tanggal 30 November hingga tanggal 3 Desember 2022. (Albert)

Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com