LATEST POST

latest

Puluhan Tahun Beroperasi, PT IWIP Diduga Ambil Kekayaan di Tanah Milik Alexander de Gorio, Ini Kronologisnya

Minggu, 12 Februari 2023

/ by Nanang

 


Foto: Kelima Ahli Waris dari Turunan Alexander de Gorio (ist) 


EXPEESSINDONEWS-- PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) saat ini menjadi salah satu perusahan dalam pengolahan logam berat (Nikel) terbesar di Indonesia yang Berdiri pada 30 Agustus di Provinsi Maluku Utara, tepatnya di Desa Lelilef, Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tengah. Namun, lahan tersebut diduga bukan milik perusahaan penghasil nickel terbesar di Indonesia itu. Lokasi yang digunakan Smelter dan Area Perkantoran itu disebut-sebut milik dari ahli waris  Alexander de Gorio. 

“Lahan di Desa Lelilef itu yang kini jadi area perkantoran PT IWIP adalah milik orang tua kami Alexander de Gorio. Sampai saat ini kami belum pernah melakukan pengalihan atau penjualan kepada pihak lain,”kata Johan de Gorio (67 tahun), ahli waris tertua dari Alexander de Gorio saat dihubungi Minggu (12/2/2023).  

Sementara itu, Nurdiana de Gorio, ahli waris lainnya membenarkan penjelasan  Johan tersebut. Sebagai bukti  pendukung jika  lahan berkisar 20-an hektar tersebut adalah milik ahli waris Alexander de Gorio dan Usman de Gorio. Nur menunjukkan penetapan ahli waris dari Pengadilan Agama Pengadilan Agama Soasio, Malut. 




Melalui surat nomor 20/Pdt.O/2020/PA.SS yang ditandatangani Panitera Pengadilan Agama Soasio, Malut, Mursal Ayub SAg tertanggal 6 Mei ditetapkan ahli waris, lima ahli waris yang dimaksud untuk lahan tersebut adalah Johan de Gorio (67), Sarah Usman de Gorio (62), Muchlis de Gorio  (60 tahun), Jufri de Gorio (53) dan Nurdiana de Gorio (52). Selain kelima orang tersebut, juga disebutkan sembilan orang cucu yang merupakan anak-anak dari lima ahli waris inti. 

Nur mengakui jika sempat ada pihak lain yang sudah memalsukan dan menjual lahan milik mereka itu. Pihak yang dimaksud itu adalah Felix Baay. 

“Felix Baay masih keluarga dekat kami juga. Dulu orang tua kami Usman de Gorio menitipkan surat-surat kepemilikan lahan ke Abdullay Baay, orang tua Felix Baay. Ketika itu anak-anak dari Usman de Gorio masih kecil-kecil,” Nur menguraikan.


Sempat di demo pada tahun 2019 namun dijaga oleh aparat (istimewa) 


Sayangnya surat-surat berharga itu justru tak dikembalikan ke pemilik yang sah. Informasi yang dihimpun, Felix Baay malah menjual kurang lebih 20-an hektar yang berisikan kebun kelapa  ke PT Weda Bay Nickel (WBN) dan PT IWIP seharga Rp2,5 miliar.

Atas terjadinya transaksi tersebut,  Johan de Gorio dan empat ahli waris lainnya serta warga yang mengetahui status kepemilikan itu melakukan aksi  demonstrasi. Namun, massa tidak bisa berbuat apa-apa karena PT IWIP dan PT WBN menggunakan bantuan pengamanan.

“Selaku ahli waris, kami merasa yakin Felix Baay dan orang-orang tertentu dari PT WBN/PT IWIP, bahkan instansi terkait telah melakukan tindakan disengaja ataupun tidak disengaja menghilangkan hak-hak dari warisan leluhur kami.  Lahan itu berupa tanah kebun kelapa yang terletak di lelileif, yang kini jadi area perkantoran PT IWIP,” ungkap Nur.





Para ahli waris mengaku sempat lega saat Kejaksaan Tinggi Malut mengeluarkan surat nomor: B-259/Q2.4./Eku/2021 tentang pengembalian berkas perkara atas tersangka Felix Baay alias Hi Felix yang disangka melanggar pasal 263 ayat 1 dan 2 atau pasal 372 KUHPidana. 

Di surat yang ditujukan ke Diskrimum Polda Malut itu, Kejati Malut antara lain berharap dilakukan penyitaan surat asli penjualan kebun kelapa di Lelilef, Kewedan Utara, Malut, 28 Juni 1963. Di surat yang ditandatangani Asisten Tindak Pidana Umum Kejati Malut, Saiful Bahri SH, MH pada 2 Juli 2021 itu disebutkan pula bahwa tersangka disangkakan dengan pasal  372 KUHP yang memililiki barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang lain.

“Sudah ada penyebutan tersangka untuk Felix Baay. Sebenarnya ini petunjuk kalau semua transaksi yang dilakukan Felix Baay itu tidak benar, ada pemalsuan dokumen,” kata Nur. 

Wanita berkacata mata ini berharap lewat pemberitaan di sejumlah media, ahli waris Alexander de Gorio dan Usman de Gorio bisa mendapatkan hah-hak mereka kembali. “Kami pun berharap aduan kami ini bisa sampai ke Presiden Jokowi. Pak Presiden tolong kami rakyat kecil,” tutup Nur.


Roslina Sangaji selaku HRD PT IWIP saat dikonfirmasi melalui via Telfon tidak aktif. 


Sementara Yudi selaku pimpinan bagian eksternal PT IWIP mengaku tak tahu soal tanah. “Wah kalau masalah tanah saya tidak tahu,” kata Yudi singkat. (***) 

 



Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com