LATEST POST

latest

Balai Sungai Provinsi Sulut Peringati Hari Air Sedunia Dengan Festival

Kamis, 16 Maret 2023

/ by Nanang

 


Kepala Balai Sungai Provinsi Sulut (Tengah) I Komang Sudana, Sekprov Sulut (Kanan) Steve Kepel

EXPRESSINDONEWS-- Memperingati hari air sedunia, Kementerian PUPR Lewat Balai Sungai Sulawesi Utara melaksanakan Festival Bendungan Kuwil Kawangkoan, Kamis (16/3/2023).


Kegiatan tersebut turut di hadiri Sekretaris provinsi Sulawesi Utara Steve Kepel, Kepala balai sungai Sulawesi Utara I Komang Sudana dan jajaran pejabat lainnya.


Terlihat jelas kegiatan memperingati hari air sedunia yang di laksanakan PUPR lewat Balai Sungai sangat meriah serta diiringi dengan tarian ada kabasaran ikut dalam kegiatan ini,dan di buka langsung Sekretaris provinsi Sulut Steve Kepel.


Dan pada kesempatan itu Steven Kepel mengingatkan agar warga Sulut ikut berpartisipasi menjaga keberlangsungan sumber daya air karena merupakan sumber kehidupan bagi semua mahkluk hidup.


"Dengan festival ini juga menjadi ajang mempromosilan objek wisata baru kepada wisatawan dan diharapkan menjadi sumber lapangan kerja serta membantu ekonomi warga.


Pada pembukaan festival, juga dikukuhkan Komunitas Peduli Bendungan Kuwil Kawangkoan serta penanaman pohon.


Festival Bendungan Kuwil Kawangkoan diisi dengan berbagai lomba dan kegiatan menarik.


Saat di wawancarai kepala balai sungai Sulawesi Utara yaitu I Komang Sudana menyampaikan,bahwa memperingati hari air sedunia,kami telah melakukan Iven di antaranya,Getbol,Lomba Dayung,Lomba idol,lomba menggambar,penanaman pohon,dan terakhir hari Sabtu yaitu Seminar pengelolaan sumber daya air dari kekeringan.


"Hari ini peringatan hari air dunia ke 31 tahun dan kita diminta pemerintah pusat untuk melakukan kegiatan, jadi kita koordinasi dengan pemerintah provinsi. Kami menyiapkan bahnnya seperti dikantor daerah dan kami juga meminta ijin untuk melakukan kegiatan ini dikantor-kantor," Terangnya. 


Adapun juga penjelasan terkait fungsi Bendungan yang bisa merupsi Banjir. 


"Fungsi bendungan kuwil kawangkoan ini pertama fungsinya untuk meredupsi banjir dia bisa meredupsi 146 per kubik per detik, kedua air baku sebesar 4500 per detik itu untuk layanan kota Manado, Bitung dan Minahasa Utara," Kata Sudana. (***) 



Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com