LATEST POST

latest

Dukungan Negeri Lumbung Pangan, Catatan Silaturahmi Ronny Sompie ke Bolmong Raya

Jumat, 16 Juni 2023

/ by Nanang

  


Foto: Desa Dumoga Induk Kabupaten Bolmong (ist) 


Oleh: Albert Piterhein Nalang


EXPRESSINDONEWS-- Golkar memiliki akar yang kokoh di Bolmong Raya seiring sejarah kebangkitan kultur pertaniannya yang mengantar negeri para Bogani ini menjadi lumbung pangan Sulawesi Utara.


Sejak Pemilu 1971 hingga 2004 , Golkar Bolmong Raya tercatat sebagai penopang gemuknya perolehan suara beringin di Sulawesi Utara dari raupan 69,16 persen hingga 88 persen pada Pemilu 1987.  Bahkan pada Pemilu 1997 mencapai angka raihan suara yang paling spektakuler sebesar  95,74 persen. 


Mengapa partai berwarna kuning ini begitu kokoh sebelum bahkan pada era Marlina Moha Siahaan  dan Drs Syarial Damopolii? Jawabnya, karena masyarakat di sana kental dengan gagasan bahwa ”politics is local”.


Bagi mereka proses-proses politik riil pada dasarnya memilih para pemimpin yang mereka pandang terbaik. Mereka ingin melahirkan pemimpin yang memungkinkan adanya proses pembuatan dan implementasi keputusan-keputusan politik yang lebih menguntungkan para pemilih.


Bagi mereka, Pemilu tak sekadar peristiwa demokrasi yang biasa, tapi ruang strategis yang memungkinkan munculnya ”developmental leaders”, pemimpin-pemimpin kreatif-inovatif, untuk melakukan terobosan-terobosan bagi percepatan pembangunan daerahnya. 

Desa Modayag Kabupaten Boltim


Itu sebabnya saat menyambangi desa pertanian di kawasan Dumoga pada pekan kedua Juni 2023, Irjen Pol. (Purn.) Dr. Ronny Frangky Sompie, S.H., M.H. yang dikenal sebagai Bacaleg Golkar Sulut untuk DPR RI langsung diminta memperhatikan nasib petani.


“Kami mengadu nasib di bidang pertanian padi. Mohon kiranya saat bapak terpilih nanti, agar dapat melihat kami kaum yang sulit mendapatkan pupuk tani," ucap Daniel Barano.


Ungkapan Daniel Barano, bisa jadi salah satu dari potret dari nasib para petani Bolmong Raya yang kini mengalami krisis distribusi pupuk. Ia menyampaikan aspirasinya kapada kader Golkar, karena ia tahu dimasa kejayaan Golkar, Bolmong Raya bertengger sebagai negeri lumbung pangan.


Desa Busisingo Kabupaten Bolmut 

Di desa Busisingo dan Sangkub, saat Ronny Sompie mendatangi area perkebunan di sana, para petani memintanya agar  memperjuangkan bendungan dan irigasi. 


Mendengar aspirasi dan suara para petani Bolmong Raya bagi Ronny Sompie sendiri, tak sekadar sebagai isu politik yang seksi, namun sebagai suatu fakta riil yang harus diperjuangkan oleh Golkar, sebagaimana Golkar sepanjang ini menjadi satu-satunya partai yang punya konsen tegas dalam membangun kesejahteraan rakyat. 


“Saya sangat berterima kasih kepada para petani Bolmong Raya yang selama ini tetap menjaga konsistensi daerahnya sebagai negeri lumbung pangan. Bagi saya, aspirasi para petani itu adalah suatu kehormatan yang dipundakan kepada saya yang harus dan wajib diperjuangkan,” ungkap Sompie.


Banjir Dukungan


Warga desa Sangkub, sebagaimana umumnya masyarakat Bolmong Raya mereka mengenal sosok  Irjen Pol. (Purn.) Dr. Ronny Frangky Sompie, S.H., M.H. Itulah sebabnya, kunjungan silaturahmi Bacaleg Partai Golkar Sulut untuk DPR RI ini ke negeri lumbung pangan tersebut mendapatkan sambutan hangat.


Desa Tungoy Satu Kabupaten Bolmong



Di Bolmong Utara (Bolmut), kedatangan Sompie tak saja disambut para kader Golkar, tapi juga oleh masyarakat Sangkub-Bintauna.  Sekretaris DPD II Partai Golkar Bolmut,  Ruslan Gonibala pada kesempatan itu menyatakan dukungan kader beringin untuk mantan Kapolda Bali dan Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM itu.


Sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat juga menyatakan dukungan mereka untuk perjuangan Sompie ke senayan. Turut hadir mewakili tokoh agama dan tokoh masyarakat kecamatan sangkub di antaranya Elpert Datunsolang, Nyompa Saromeng, Sadly Datungsolang, Jalim Paloa, Higa Lakoro, dan perwakilan kerukunan keluarga sulawesi selatan (KKSS). 


Dalam pertemuan tersebut, begitu banyak harapan dan aspirasi yang disampaikan oleh para warga di desa kepada  Ronny Sompie ketika terpilih menjadi anggota DPR-RI pada Pilcaleg 2024 mendatang. 


Menanggapi aspirasi terkait pemekaran Bolmong Raya menjadi salah satu provinsi, Sompie secara tegas menyatakan segera akan menindaklanjuti aspirasi itu.


“Soal pemekaran provinsi Bolmong Raya yang saat ini sudah dalam proses di pemerintah pusat, akan saya cek langsung ke sana hingga terjadi percepatan dalam proses itu. Moga impian masyarakat Bolmong Raya ini akan secepatnya terkabul,” ujar Sompie.


Sementara kunjungan silaturahmi di desa mohabat kecamatan Bolangitang Timur berlangsung di rumah kediaman ketua Bapilu DPD II Golkar Bolmut, Sam Laiya. Ronny Sompie bersama Istri Dyah Iswarini disambut dengan penuh sukacita oleh para kader Golkar yang ada di Desa Mohabat. 


Di Desa Modayag, Mardjan Sumanta salah seorang tokoh agama, ikut juga menyampaikan hal terkait dengan proses Pemekaran Bolmong Raya menjadi salah satu provinsi, karena secara administrasi syarat dan prasyarat untuk adanya Provinsi Bolmong Raya sudah terpenuhi, seperti halnya di Bolmong Raya sudah terdapat 4 Kabupaten dan 1 Kotamadya.


Sompie juga berkunjung ke Desa Kinomalingan dan Desa Mopuya Kecamatan Dumoga Kabupaten Bolmong.


Hal menarik lainya yang terjadi dalam perjalanan Ronny Sompie ke Bolmong Raya 

disambut dengan penuh sukacita oleh para kader dan simpatisan partai Golkar.


Menurut Kader Golkar Sam Laiya, kehadiran Jendral Ronny Sompie di kubu partai Golkar Sulut membawa energi dan spirit yang baru. Ia yakin Golkar bisa menambah 2 kursi di DPR-RI.


"Intinya Bapak Jendral harus banyak turun untuk menyapa para simpatisan  dan kader Golkar di 15 kabupaten/kota se-Sulut," tutur Ketua Bapilu Golkar Bolmut tersebut. Sosok Jendral Ronny Sompie lanjutnya, mampu membakar jiwa dan semangat kami untuk berjuang bersama-sama demi kejayaan Partai Golkar.



Desa Kinomalingan Kabupaten bolmong 

Irjen Pol Purn Dr. Ronny Sompie bersama Istri Dyah Iswarini, juga  berkunjung ke Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) tepatnya di wilayah Mataindo di rumah kediaman Ridwan Olii salah seorang Caleg Partai Golkar, juga berkunjung ke kediaman Latief Moha yang ikut dihadiri warga Golkar di Bolmong Selatan. 


Selain itu, kunjungan silaturahmi Irjen Pol Purn Dr Ronny F. Sompie telah dilakukan di Kabupaten Bolmong, Kecamatan Pasi tepatnya dirumah Adinda Bayu Damopolii Caleg DPRD Golkar yang juga putri bungsu dari Tokoh Golkar Sulut, Bapak Drs Syarial Damopolii, MBA., mantan Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, juga kunjungan ke Tokoh Golkar Bolmong Raya Bunda Marlina Moha Siahaan, mantan Bupati Bolaang Mongondow Raya. (*)

Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com