LATEST POST

latest

Irjen Pol (Purn) Ronny Sompie Tanggapi Kunjungan Pemkab Minahasa ke Gianyar, Ini Pesan Pentingnya

Senin, 17 Juli 2023

/ by Nanang

 



EXPRESSINDONEWS-- Irjen. Pol. Dr. Ronny Franky Sompie, SH., MH, menanggapi terkait kunjungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa ke Pemkab Gianyar dalam rangka study tiru tentang penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pengelolaan pariwisata alam maupun budaya. 


Diketahui ada sekitar 35 orang yang berangkat, dimana masing-masing memiliki tugas dan tanggung jawab. 


Menurut Ronny Sompie, study tiru yang perlu di perdalam adalah bagaimana pembelajaran bagi masyarakat, agar memiliki mindset dan cultureset yang mendukung pengelolaan pariwisata oleh Pemda setempat. 


"Bagaimana pembelajaran tersebut dimulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, SMK sampai ke perguruan tinggi. Sehingga generasi muda di Kabupaten Gianyar siap menjadi pramuwisata, pekerja, wirausaha dan humas bagi promosi wisata di kabupaten tersebut kepada masyarakat nasional, regional dan internasional," jelas Bacaleg DPR RI Dapil Sulut dari Partai Golkar. 


Disamping itu, bagaimana penyiapan seluruh warga masyarakat Kabupaten Gianyar untuk menyiapkan wisata budaya berupa tari-tarian lukisan, ukiran, cendera mata khas Bali. 


"Dalam rangka menyediakan cendera mata dan melengkapi daya tarik wisata budaya di Kabupaten Gianyar, agar para wisatawan betah tinggal di Bali lebih dari tiga hari bahkan lebih dari seminggu," jelasnya lagi. 


Kata Jenderal lagi, perlu dipelajari juga, bahwa Pemprov Bali setiap tahun menyediakan sarana Pekan Kebudayaan Bali selama sebulan dalam rangka menyajikan kemampuan setiap sekolah, RT, RW dan kecamatan dalam lomba antar desa, antar sekolah atau antar kecamatan dan antar kabupaten dalam bidang tarian, lukisan, ukiran dan musik. 


"Dengan demikian, setiap tahun ada waktu selama sebulan untuk memastikan adanya pengembangan wisata budaya di Bali secara keseluruhan tanpa ada diskriminasi terhadap peluang setiap rakyat untuk mengembangkan kemampuan budayanya masing-masing dan mendapatkan kesejahteraan dan pemasukan bagi keluarga masing-masing," imbuhnya. 


Tegasnya lagi, pusat pengembangan Budaya Bali dilakukan di sebuah tempat pementasan Budaya Bali yang dibangun oleh Pemprov Bali bekerjasama dengan seluruh Pemda kabupaten dan jota yang hanya terdiri dari 8 kabupaten dan satu jota. 


"Sementara di Provinsi Sulut memiliki 15 kabupaten dan kota. Masih lebih besar jumlahnya daripada Bali," tegasnya. 


Tambahnya, Institut Seni Indonesia di Bali menjadi gudang penyedia lulusan S1 bidang seni budaya baik tarian, lukisan, ukiran dan musik setiap tahun yang selalu menyajikan seni budaya yang terbaru dengan kreativitasnya tidak pernah berhenti berkembang. (***) 

Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com