LATEST POST

latest

Dari Biaro, Bacaleg DPR RI Ronny Sompie Kunjungi Pulau Peradaban Putri Lohoraung

Selasa, 08 Agustus 2023

/ by Nanang

 


Foto Ist : Pulau Ruang (Duang) Tagulandang.

EXPRESSINDONEWS--  Setelah melewati Pelabuhan Pulau Biaro dalam perjalanan wisata ke jantung peradaban Nusa Utara melalui Kapal Cepat Expres Bahari. Irjen. Pol. (Purn) Dr. Ronny Franky Sompie, SH.MH. 


Kendati tak banyak disebutkan dalam catatan para pelaut Eropa era Kerajaan Tagulandang, pulau eksotis Biaro adalah pintu gerbang selatan menuju negeri Ratu Lohoraung. Luasnya hanya 20,85 km persegi, namun penduduknya berbahasa Sangihe dialek Tagulandang.


"Setelah dijamu Biaro, akan nampak pulau Ruang (Duang), sebuah pulau dengan gunung berapi yang sejak abad ke-17 berkali-kali meletus. Kerucutnya yang pipih dilapisi abu dan menjulang setinggi 725 meter dari permukaan laut. 


Lalu pada selempar pandang ke arah barat, Nampak pulau karang rendah Pasige. Dari sana kemudian akan ditemui pesisir Balehumara, di pulau utama Tagulandang," ucap Sompie kepada awak media. Selasa (08/08/2023)


Di Tagulandang sendiri, menurut Mantan Kadiv Humas dan Kapolda Bali, di masa lalu, sebuah kapal K.P.M yang melepas sauh pada sore menjelang malam meninggalkan pelabuhan Manado, akan tiba pada dini hari di Tagulandang. 


Foto Ist : Nampak Pulau Tagulandang Tepatnya di Pelabuhan Bahoi Tagulandang.


"Di pulau seluas 5.000 hektare ini, pada tahun 1570 Lohoraung ditahbis sebagai Ratu, dan sejak itu kerajaan Tagulandang terus berkiprah lebih 5 abad," tutur Bacaleg DPR-RI Dapil Sulut dari Partai Golkar ini, saat menginjak kaki di Pulau Tagulandang beberapa hari yang lalu.


Dari tradisi, kerajaan Tagulandang yang disebut Mandolokang atau oleh penulis Barat banyak ditulis Pangasar, Pangasare atau Panggasane atau juga Panguisara. Didirikan dan pertama diperintah oleh Ratu Putri Lohoraung. Sang ratu dihikayatkan berasal Pulau Manado Tua (Babontehu),


"Namun boleh dikata, sangat sulit mendapatkan data yang lebih valid tentang kisah hidup sang ratu. Dari sumber yang belum terklarifikasi menyebutkan, Lohoraung seorang putri dari Kerajaan Mangondow, anak dari Raja Mokodompis, cucu dari Raja Binangkang. Sumber lain menyebutkan, ia anak dari datuk Bulango, saudara dekat raja kerajaan Siau, Lokonbanua II.


Di daratan pulau Tagulandang dan Biaro, ingatan massal masyarakat lebih percaya, Lohoraung adalah makhluk legenda. Sang Ratu dikisahkan sebagai seorang dewi yang datang dari lautan. Berpakaian daun-daun kayu. Mimiliki kesaktian terbang. Ia dimitoskan sebagai perempuan yang sangat cantik," ungkap Jendral Bintang dua asal Desa Sukur ini


Ronny Sompie menambahkan, bahwa dari kunjungan ke pulau Biaro dan Tagulandang tentunya saya mendapatkan begitu banyak destinasi wisata dan peradaban sejarah yang ada di Pulau Biaro dan Tagulandang 


Untuk itu saya menaruh harapan besar kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) agar bisa memberikan kesempatan kepada Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dalam penguatan Pariwisata Alam di pulau-pulau di jajaran Kabupaten Sitaro melalui kebijakan pengajuan Anggaran Tahun 2024 pada akhir tahun 2023. 


"Kalau dalam pengajuan Program Kerja Tahun 2024 Kabupaten Sitaro melalui usulan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sitaro yang didukung oleh DPRD  Sitaro ke Pemprov Sulut yang akan dibicarakan bersama DPRD Provinsi Sulut, maka keberpihakan Pemprov akan sangat dirasakan oleh masyarakat Pariwisata di Kabupaten Sitaro," pungkas Fungsionaris DPD I Golkar Sulut ini. (***) 

Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com