LATEST POST

latest

Ronny Sompie Sebut Nusa Utara Bisa Jadi Tumpuan Ekonomi Pariwisata

Selasa, 08 Agustus 2023

/ by Nanang

 



EXPRESSINDONEWS-- Gunakan akomodasi kapal cepat Express Bahari, Irjenpol. (Purn). Ronny Sompie bersama rombongan melakukan kunjungan pariwisata ke wilayah Nusa Utara yaitu Tahuna dan Sitaro beberapa waktu lalu. 

Jendral Ronny Sompie berpendapat bahwa wilayah Nusa Utara bisa menjadi tumpuan roda ekonomi bagi masyarakat terutama dalam hal pemanfaatan sektor pariwisata. Hal ini tidak lain karena Nusa Utara memiliki banyak spot pariwisata yang bisa menjadi salah satu corong pariwisata dunia dari Sulawesi Utara, menyuguhi beragam panorama alam yang luar biasa.

“Beberapa waktu lalu, saya bertolak dari Pelabuhan Manado menuju Pelabuhan Tahuna pada awal Juli. Dalam perjalanan, beberapa kali melakukan persinggahan diantaranya berlabuh di Pulau Biaro, Tagulandang, Siau, dan Tahuna. Sungguh Nusa Utara memiliki panorama alam yang luar biasa. Terlihat saat awal pertama berlabuh di pelabuhan Biaro, disana tampak pemandangan eksotis nan indah,” ungkap Mantan Kapolda Bali ini.




Lanjut dikatakan, dalam pembangunan sektor pariwisata di Nusa Utara, Biaro menempati gerbang awal yang perlu diperhatikan, terutama jika fokus pada pengembangan pariwisata.

“Akselerasi pembangunan pariwisata daerah adalah salah satu sasaran program dalam kunjungan ke beberapa daerah khususnya ke tempat-tempat pariwisata. Nah dalam pengamatan, sektor pariwisata dapat dikembangkan menjadi industri baru dan kreatif sehingga bisa mengangkat perekonomian masyarakat Nusa Utara kedepannya,” terang Bacaleg DPR RI Dapil Sulut ini.




Pulau Biaro, menurut Sompie, sedang menunggu untuk “disentuh”. Memang sejauh ini pemerintah telah membangun dermaga di sana untuk mempermudah akses infonya. Tetapi untuk menjadikan pariwisata sebagai industri bagi masyarakat, jelas butuh pengembangan sumber daya serta peningkatan infrastruktur.

“Langkah pengembangan pariwisata di Biaro adalah salah satu jalan untuk menyudahi stigma kelam yang melekat untuk Biaro di kalangan birokrat sebagai kawasan pengucilan. Sehingga, dengan memaksimalkan industri wisata, citra Biaro akan terangkat bahkan bukan tidak mungkin akan menjadi corong destinasi pariwisata dunia dari Sulawesi Utara,” imbuhnya.

Ditambahkannya, selain Biaro ada juga begitu banyak obyek wisata di Nusa Utara yang bisa menjadi objek andalan karena segmentasinya beragam. Mulai dari keindahan alam, panorama bawah laut hingga lokasi memancing.

“Nusa Utara memang menyimpan sejuta pesona untuk diperlihatkan ke seluruh penjuru dunia. Beberapa diantaranya Pantai Tumora dengan spot penyelaman yang tak kalah menarik dengan bawah laut Pulau Bunaken. Panoramanya memanjang ke Teluk Buang, Teluk Tope, dan Pantai Kalakuhi,” cetus mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini.

Pungkasnya, untuk spot pariwisata di darat, wisatawan bisa menyaksikan keindahan alam Pulau Salangka atau menikmati sinar matahari di Pantai Lamanggo. Perairan tersebut menyimpan kehidupan ikan yang bisa menjadi tantangan untuk penggemar olahraga memancing.(***)



Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com