LATEST POST

latest

Irjen Pol (Purn) Ronny Sompie Putra Asal Sulut Pernah Terima Penghargaan Bintang Jasa Utama

Jumat, 04 Agustus 2023

/ by Nanang

 



EXPRESSINDONEWS-- Menjadi kebanggaan Sulawesi Utara kalau setiap penghargaan yang diberikan Presiden RI pada tanggal 15 Agustus ada yang didapat.



Setiap tahun dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI, Presiden akan menyerahkan penghargaan Bintang Jasa Utama kepada sejumlah tokoh nasional yang dinilai layak.



Tahun ini, ada nama Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang digadang akan menerima penghargaan prestisius dari Presiden yang dianugerahkan setiap tanggal 15 Agustus.

Sebelumnya, ada toko – tokoh asal Sulut lainnya yang lebih dahulu menerima anugerah ini, diantaranya ada nama mantan Dirjen Imigrasi KemenKumHam RI Irjen Pol Purn Dr Ronny Franky Sompie SH MH, Mantan Gubernur Sulut Sinyo Harry Sarundajang, Pebulutangkis Liliyana Natsir, Mantan Bupati Minsel Tetty Paruntu serta duo kakak beradik Alex Mendur dan Frans Mendur.



Salah satu peraih penghargaan Bintang Jasa Utama, Ronny Sompie mengatakan, pak Sarundajang selain pernah menerima Bintang Jasa Utama, juga pernah mendapatkan Bintang Mahaputera Utama pada tahun 2009 dari Presiden SBY.



” Kalau Saya menerima Bintang Jasa Utama pada tanggal 15 Agustus 2019 karena membantu Kemenaker, BP2MI dan Kemenlu dalam pencegahan terjadinya pengiriman PMI Non Prosedural bekerja keluar negeri sejak tahun 2017 – 2019 dengan jumlah sekitar 20.000 Calon Pekerja Migran Indonesia baik menunda pemberian layanan paspor maupun penundaan pemberangkatan keluar negeri di Bandara Internasional,” ungkap Ronny Sompie.

Dia menambahkan bahwa pada saat itu dirinya harus menjelaskan dan mempresentasikan selama 10 menit tentang apa yg pernah saya lakukan sebagai kinerja yang melebihi dari tugas dan fungsinya.



“Sehingga bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat, bangsa dan negara di depan Panitia Seleksi Penerima Penghargaan Presiden yang dipimpin oleh Menhan RI waktu itu yang dijabat oleh Jenderal TNI Purn Ryamizard Ryacudu di Kantor Kemenhan pada bulan Agustus 2019,” tutup Sompie yang diketahui bakal maju sebagai caleg DPR-RI Dapil Sulut dari Partai Golkar.



Untuk diketahui bintang jasa terdiri atas tiga kategori penghargaan, pertama Bintang Jasa Utama, kedua Bintang Jasa Pratama dan ketiga Bintang Jasa Nararya.



Untuk tahun ini, selain Olly Dondokambey, tokoh nasional lainnya yang akan menerima penghargaan antara lain Anak Agung Gede Ngurah Ari Dwipayana (Stafsus Presiden), Sukardi Rinakit (Stafsus Presiden), Sumartoyo (Anggota KY 2015-2020) dan Makarim Wibisono (Penasihat Senior Menteri LHK).

(***)






Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com