LATEST POST

latest

Irjen Pol (Purn) Ronny Sompie Apresiasi Pelabuhan Manado Bersih

Selasa, 26 September 2023

/ by Nanang

 




EXPRESSINDONEWS-- Calon Anggota DPR RI Irjen Pol (Purn) Ronny Sompie SH MH memberi apresiasi soal pembersihan pelabuhan Manado.

Kegiatan yang dilakukan pada 22 September 2023 ini yang dipimpin Wali Kota Manado Andrei Angouw mendapat apresiasi setinggi-tingginya dari mantan Kapolda Bali ini.

Hal tersebut diutarakan Eks Kadiv Humas Polri ini saat menghadiri kegiatan HUT ke-59 Provinsi Sulawesi utara di TMII Jakarta.

Sompie mengungkapkan kebanggaannya atas inisiatif Walikota Manado untuk membersihkan Pelabuhan Manado dari sampah. Gerakan bersama ini di harapkan akan menjadi pemicu bagi masyarakat Kota Manado untuk menjadikan kebersihan dan ketertiban sebagai budaya yang di junjung tinggi.

Lebih lanjut, Tokoh Sulut ini menekankan perlunya melanjutkan gerakan bersih ini hingga menjadi kebiasaan budaya, di mana masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan, kenyamanan, dan keindahan Kota Manado sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Utara.

Sampah, yang sering menjadi permasalahan di banyak daerah di Indonesia, mendapat perhatian khusus dari Ronny Sompie. Selain memberi apresiasi terhadap gerakan bersih di Kota Manado, ia mendorong sosialisasi dan implementasi konsep zero waste dalam pengelolaan dan pengolahan sampah.

Saya menyarankan agar budaya kebersihan di advokasi sebagai gerakan untuk mencegah pembuangan sampah sembarangan. Dimana lebih menekankan tanggung jawab bersama, dan membangun manajemen pengelolaan sampah dari sumbernya. Upaya ini di harapkan akan mengurangi beban pengolahan sampah di  TPS dan TPA.

“Melalui pengelolaan sampah yang baik dari sumbernya, di harapkan dapat mengurangi beban pengolahan sampah. Baik itu di TPS dan TPA,” ungkap Ronny Sompie.

Ia juga menambahkan bahwa pengelolaan sampah yang efektif dapat menghasilkan nilai ekonomi. Serta berpotensi sebagai inovasi produksi energi terbarukan serta pupuk organik yang bermanfaat.

Pemikiran ini senada dengan penghargaan yang pernah di terimanya sebagai tokoh yang berjasa, Bintang Jasa Utama, dari Presiden RI Joko Widodo pada tahun 2019.

(***)




Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com