LATEST POST

latest

Ronny Sompie Beri Solusi Soal Penanganan Sampah di Sumonpo di Kelola UMKM Agar Tak Menumpuk

Jumat, 06 Oktober 2023

/ by Nanang

 



EXPRESSINDONEWS--  Sampah Irjen Pol (Purn) Dr Ronny Franky Sompie mengatakan perlu ada ide baru dalam melakukan pengelolaan sampah di Kota Manado.

 Ronny Franky Sompie yang diketahui sebagai calon anggota DPR RI dari Partai Golkar Dapil Sulawesi Utara, menyikapi peristiwa kebakaran yang terjadi di TPA Sumompo, Kecamatan Tuminting pada Minggu, 1 Oktober 2023 dengan tawaran ide baru kepada Pemerintah Kota Manado.

"Perlu ada ide baru yang kreatif untuk memberikam kesempatan kepada UMKM yang bekerja sama mengelola sampah seperti sisa makanan, sayuran, buah-buahan, kue-kue, nasi dan lainnya untuk dibawa ke penampungan dan tempat pengelolaan pupuk organik," kata Ronny Sompie.

Bahkan lanjut Sompie, ada yang menampung secara khusus sisa dari ampas kopi yang dibuang oleh banyaknya rumah kopi dan cafe yang menjamur di daerah Sulawesi Utara.

Ronny Sompie yang juga sebagai Ketua Dewan Pembina Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) menjelaskan, kerjasama yang baik tersebut tidak saja memberikan lahan pekerjaan dan mengembangkan UMKM.

"Ini juga dapat menghasilkan pupuk organik yang dapat membantu para petani yang butuh bantuan pupuk. Apalagi selama ini karena birokrasi yang rumit, petani kesulitan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi dari pemerintah," tandasnya.(***)



Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com