LATEST POST

latest

Ronny Sompie Minta Selidiki Asal Mula Api di TPA Sumompo

Jumat, 06 Oktober 2023

/ by Nanang

 



EXPRESSINDONEWS-- Perlu ada penyelidikan untuk mengetahui titik awal api yang menyebabkan terjadinya kebakaran hebat di tempat pembuangan akhir (TPA) Sumompo pada Minggu, 1 Oktober 2023 lalu.

Hal tersebut disampaikan Irjen Pol. (Purn) Ronny Franky Sompie menyikapi peristiwa terbakarnya TPA Sumompo, Kecamatan Tuminting, Kota Manado.

"Perlu penyelidikan dari Tim Penyidik bekerja sama dengan Tim Ahli Labfor Polri dan Tim Ahli dari Dinas Pemadam Kebakaran untuk menemukan titik awal api untuk mengetahui penyebab kebakaran," kata Ronny Sompie.

Meski begitu, Ronny Sompie yang juga Calon Anggota DPR RI dari Partai Golkar Dapil Sulawesi Utara menuturkan berdasarkan pengalaman kebakaran TPA di Bandung beberapa waktu lalu, seyogyanya ada antisipasi bersama semua stakeholder terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran di TPA Sumompo sudah dilakukan jauh sebelum kejadian.

Perlu pembenahan manajemen pengelolaan sampah, sehingga tidak lagi menumpuk sampah yang sudah terbakar di TPS yang kemudian dibawa ke TPA," jelas Sompie.

Menurutnya, cukup sejak asal sampah, masyarakat sudah belajar memisahkan sampah plastik, kertas, dan bahan yang mudah tebakar untuk disalurkan ke bank sampah, tidak lagi disertkan ke TPS atau disatukan ditumpukan sampah di rumah sebagaimana sebelumnya.

Demikian juga lanjutnya, untuk sampah organik yang bisa dimanfaatkan kemudian dijadikan bahan pupuk organik sudah bisa disalurkan ke lokasi pembuatan pupuk organik.

"Berbeda dengan bahan beracun dan berbahaya (B3) yang perlu secara khusus disalurkan kepada penampung B3 untuk dilakukam treatment tersendiri oleh perusahan yang sudah memiliki ijin dari Kementerian Lingkungan Hidup," pungkasnya.





Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com