LATEST POST

latest

Dorong UMKM Sulut, Ronny Sompie Sambangi Pelaku Usaha Pandai Besi di Sangihe

Kamis, 14 Maret 2024

/ by Nanang

 



EXPRESSINDONEWS-- Irjen Pol (Purn) Ronny Sompie SH MH dalam perjalanannya mengunjungi lokasi Kampung Leganeng, Kecamatan Tabukan Utara, Kabupaten Sangihe.

Diketahui, lokasi tersebut adalah tempat para Pelaku UMKM pekerja pandai besi yang telah profesi sekian lama atau disebut turun-temurun.

Satu diantara pandai besi yang ditemui hari itu adalah Ibu Tresye.

Meski terbilang berat karena ini pekerjaan kaum Adam, namun bagi Tresye tak masalah sebab dia memiliki semangat yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Pun besi yang digunakan olehnya dan para pandai besi lainnya untuk membuat pisau dan parang adalah besi per mobil yang dibeli dari bengkel.

Besi tersebut kemudian dipotong menjadi beberapa bagian selanjutnya diolah menjadi alat-alat kebutuhan sehari-hari yang terbuat dari bahan baku besi.

Alat-alat ini laris manis di pasaran dan digunakan oleh para tukang, petani, ibu rumah tangga, nelayan dan lain sebagainya.

Bahkan dijual ke pasar-pasar di kota kabupaten se-Sulut.

"Pisau yang dibuat para pandai besi di Kampung Leganeng biasanya digunakan untuk memotong rempah-rempah dan daging, seperti daging ayam, babi dan sebagainya," ujar Tresye menambahkan ada juga parang yang digunakan untuk memenggal tulang.

Sementara itu Ronny Sompie mengaku salut terhadap Ibu Tresye yang punya daya juang tinggi karena terus mengasah kemampuan tak kalah dengan para lelaki yang berprofesi sebagai pandai besi.

"Kita (saya) sangat salut terhadap Ibu Tresye, menurut kita semangat beliau sangat tinggi. Tak membeda-bedakan pekerjaaan asalkan mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga," puji Jenderal.

Kata pemilik dua bintang emas ini, kunjungan ke Desa Leganeng sangat menginspirasinya untuk mendukung UMKM di Sulut untuk lebih maju dan mempunyai masa depan yang lebih baik.

"Pandai besi seperti Ibu Tresye sangat pantas untuk dihargai dan diapresiasi karena membuat produk dengan kearifan lokal yang unik dan bagus. Seperti besi yang perlu dibakar, dibentuk, dan dipukul, manusia juga perlu dibentuk melalui tantangan kehidupan," ujarnya.

"Mari jo torang dukung UMKM yang ada di Sulawesi Utara untuk lebih maju dan punya masa depan yang lebih baik," tandasnya.

(***)










Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com