LATEST POST

latest

Mengenal Lebih Dekat Sejarah Waruga, Ronny Sompie : Waruga Warisan Budaya Menyatukan Kita Dengan Masa Lalu

Minggu, 17 Maret 2024

/ by Nanang

 



EXPRESSINDONEWS-- Sejarah adalah suatu pelajaran yang baik untuk mengingat dan mengenang para leluhur kita dan pahlawan yang telah berjuang untuk memerdekakan negara kita tercinta ini. 

Namun nilai baik dari sejarah seakan terkupas kepada zaman yang sekarang ini, banyaknya masyarakat yang seraya tidak terlalu memperdulikan apa itu sejarah. 

Berbeda dengan Irjen Pol (Purn) Ronny Sompie SH MH. Putra asli tonsea ini dalam perjalanannya mengunjungi lokasi bersejarah yakni Waruga yang berada di Waduk Kuwil, Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara. 

Sedikit menjelaskan betapa pentingnya sejarah, Eks Kadiv Humas Polri ini menyampaikan bahwa waruga bukan hanya artefak melainkan warisan budaya.

"Waruga bukan hanya artefak sejarah, tetapi juga warisan budaya yang memiliki kekuatan untuk menyatukan kita dengan masa lalu. Apresiasi terhadap kearifan nenek moyang di Minahasa menjadi semakin mengakar, memperkaya pemahaman kita tentang sejarah dan warisan budaya yang patut dijaga dan dihargai. Waruga sebagai representasi kebijaksanaan spritual dan teknis, tidak hanya menjadi artefak batu, melainkan pintu masuk ke alam pikiran dan kebudayaan minahasa yang mendalam,"kata Sompie. 

Seraya menambahkan, sejarah Minahasa para Tonaas-Tonaas masih terjaga dengan baik dari dulu hingga sekarang. 

"Disini banyak kuburan peninggalan Tonaas-Tonaas atau sesepuh yang kita katakan Waruga, sehingga kita kalau datang kesini kita bisa Waruga-waruga atau peninggalan heritage yang masih ada sampai saat ini, kalau ada yang senang dengan sejarah, ini penelusuran kita sejarah Minahasa yang dulu masih terjaga dengan baik sampai sekarang,"tambah Eks mantan Kapolda Bali ini. 

Menurut penulusuran yang diketahui Ronny Sompie, Waruga ditata sedemikian rupa sehingga mempermudah kita melihat dan mempelajari. 

"Yang saya cermati, waruga ini dari batu dengan pahatan yang seperti manusia, ada gambar yang dipahat beserta dengan pakaiannya. Ini sangat bagus kita mempelajari bersama tentang model-model pahatan dan ukiran pada batu ditaruh disetiap waruga," Tutupnya. (***) 

Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com