LATEST POST

latest

Salah Satu Bukti Tokoh Dalam Umat Kerukunan Beragama Inilah Ronny Sompie

Jumat, 05 April 2024

/ by Nanang

 




EXPRESSINDONEWS--  Irjen Pol Ronny Sompie SH MH menjadi tokoh inspiratif bagi semua kalangan.

Irjen Pol (Purn) Dr. Ronny Franky Sompie, SH,. MH, merupakan eks Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, serta seorang pemeluk agama Kristen Protestan yang taat dan memiliki rekam jejak sangat baik dalam kerjasama dengan umat Muslim dan umat beragama lainnya di Indonesia.

Hal ini ditunjukkan oleh penghargaan yang ia terima dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin atas kerja kerasnya dalam memperbaiki pelayanan kepada jamaah haji tahun 2018.

Walau berbeda keyakinan dengan mayoritas umat yang melakukan ibadah haji, Ronny Sompie tetap memperlihatkan pentingnya kerukunan antar umat beragama dan kemampuan untuk bekerja sama.

Inilah yang membuat Tokoh Nasional penerima Bintang Jasa Utama dari Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo sangat disegani dan menjadi panutan banyak orang.

Seperti yang diketahui, penghargaan tersebut ia dapatkan atas inovasinya dalam proses pemeriksaan dokumen perjalanan serta dalam memudahkan proses pelayanan bagi jamaah haji.

Sebuah keunggulan yang kemudian sepenuhnya diakui oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin.

Sebagai seorang pemimpin yang bijaksana, Ronny Sompie menyatakan bahwa keberhasilan tersebut tak mungkin terjadi tanpa dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak.

Dalam sebuah perbincangan dengan Menteri Lukman, pemilik dua bintang emas ini memastikan komitmennya dalam mendukung inovasi penyelenggaraan haji dan hal ini menjadi kunci untuk pelayanan kepada jamaah haji yang lebih mendalam.

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifudin sendiri memuji kebijaksanaan proses pemeriksaan yang dilakukan oleh Dirjen Imigrasi Ronny Sompie bersama timnya.

Pengawasan ketat yang dimulai dari imigrasi, penggunaan QR code, hingga proses pengecekan paspor dan koper para jemaah untuk membuktikan ketelitian dan keakuratan dalam pemeriksaan yang terus menerus ditingkatkan.

"Beberapa upaya yang gigih dan detail, pemeriksaan menjadi sangat cepat dan efisien, dengan hasil yang sangat memuaskan," kata Menteri Lukman saat itu.

Melalui kebijaksanaan dan pengalaman yang luar biasa, Ronny Sompie menerima banyak pujian dari umat Muslim di Indonesia yang merasa dihargai dan dianggap penting oleh Ronny Sompie.

Inovasi dan kemudahan pada proses pemeriksaan dokumen, dari imigrasi hingga proses pengecekan paspor dan koper para jamaah haji, menjadi sangat cepat dan efisien, dengan hasil yang sangat memuaskan.

"Salut dengan sikap Pak Ronny Sompie yang sangat bijaksana. Ia menjadi contoh dan panutan banyak orang," ujar Rosita Karim, jurnalis Muslim Kota Manado.

Prestasi ini menunjukkan bahwa Ronny Sompie adalah seorang yang memiliki kemampuan luar biasa dalam melaksanakan tugasnya dan memegang teguh prinsip kebajikan.

Kendati agamanya berbeda dengan mayoritas umat Muslim, Ronny Sompie terus memperlihatkan betapa pentingnya kerukunan antar umat beragama dan kerjasama dalam mewujudkan layanan prima atas nama bangsa.

Di sisi lain, masyarakat sendiri juga memberikan apresiasi dan mempercayakan dengan baik akan bertema umat agama.

Prestasi yang diraih Ronny Sompie, akan semakin banyak jemaah haji yang merasakan kemudahan dalam pelayanan dan proses perjalanan.

Menurut pendapat dari warga sindulang, kecamatan Tuminting, kota Manado bernama Irma (30), Ronny Sompie adalah sosok yang sangat berbeda.

"Beliau memiliki kepedulian yang tinggi, bukan hanya kepada warga Muslim, tetapi kepada semua warga Negara Indonesia," ujarnya.

Terpisah Anima, warga lainnya menuturkan bahwa prestasi Ronny Sompie terutama dalam kebijakan mempermudah proses yang dilakukan para jamaah Haji, membuktikan dirinya sebagai figur yang merakyat.

"Kita doakan yang terbaik untuk Pak Ronny, kami berharap ke depan beliau akan melanjutkan tugas Menkum HAM atau Kepala BP2MI. Sebab beliau sarat pengalaman di bidang ini," doanya.

Saat ini, agama dan perbedaan keyakinan sering menjadi sumber ketegangan dalam masyarakat.

Namun prestasi Ronny Sompie menunjukkan dapat adanya kerukunan antar umat beragama, yang tantangan dan perbedaan dapat dilampaui melalui kerja sama yang baik.

Beliau membawa inspirasi dan contoh yang baik bagi masyarakat Indonesia untuk terus bekerja bersama membangun kebersamaan antar pemeluk agama dan non-agama.

Dengan kalimat yang singkat namun penuh makna, Ronny Sompie mampu menginspirasi banyak orang dengan karakteristik pribadinya yang luar biasa.

Prestasi dan keberhasilannya sebagai pejabat dan tokoh masyarakat, menunjukkan bahwa kendati perbedaan keyakinan, kerukunan dan kerjasama antar pemeluk agama adalah hal yang sangat mungkin untuk dicapai dan diterapkan dalam masyarakat

Dan beliau hanyalah salah satu sosok yang menunjukkan betapa pentingnya kerukunan antar umat beragama di Indonesia. (***)

















Don't Miss
© all rights reserved
made with www.expressindonews.com